Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Google
 
cariduitpenuh.blogspot.com

Selasa, 22 April 2008

Hidup,Pilihan Dan Logika

Ketika kita dihadapkan pada 2 pilihan yang sulit logika biasanya akan menjadi andalan untuk memutuskannya,meski kadang perasaan,intuisi,feeling dan bahkan gambling digunakan seseorang dalam mengambil keputusan.Tapi sejujurnya harus kita akui bahwa proses pembelajaran yang kita terima sejak kita lahir adalah proses untuk melatih diri kita menggunakan logika yang nantinya diharapkan akan bisa digunakan dalam mengambil keputusan.Secara subyektif saya memiliki anggapan bahwa 'hidup adalah sebuah pilihan' yang artinya setiap hal yang kita temui selama hidup ini adalah pilihan2 dimana kita harus memutuskan atau memilihnya.Sebagai contoh misalnya,beberapa saat yang lalu sebelum anda membaca tulisan ini anda pasti punya pilihan bisa 2,3 atau banyak pilihan,yang jelas tidak mungkin jika anda hanya punya 1 pilihan.Pilihan pertama misalnya menelpon teman,pacar,atau seseorang untuk hanya sekedar ngobrol yang nggak penting.Pilihan ke dua misalnya baca buku atau majalah atau koran hari ini yang belum sempat anda baca.Pilihan ketiga adalah browsing di internet untuk mencari sesuatu yang mungkin menarik yang bisa anda temui.Pilihan ke-4 dst. bisa anda cari sendiri.
Dan ternyata yang anda pilih adalah pilihan yang ketiga hingga akhirnya sampailah anda di sini dan membaca tulisan ini.Pilihan tersebut tidak berakhir,anda punya pilihan membaca tulisan ini sampai selesai atau cuma sampai 1 atau 2 paragraph saja kemudian browsing yang lain dsb.Demikianlah kita akan terus dihadapkan pada pilihan2 sampai tiba saatnya hanya ada 1 pilihan tanpa bisa menghindar atau memilih lagi dan saat itu habislah pilihan kita,hanya tinggal 1 yaitu kematian!
Maka saya punya argumen bahwa selama kita hidup kita tidak mungkin tidak punya pilihan lain,hanya saat menjelang ajal saja yang seperti itu.Bullsh*t jika ada seseorang yang (mungkin karena putus asa) mengatakan bahwa saya tidak punya pilihan lain,padahal sebenarnya tidak seperti itu kondisinya. Jika saat ini anda merasa seperti itu,tidak punya pilihan lagi,coba anda tanyakan pada diri anda sendiri apakah anda saat ini sedang menghadapi kematian? Jika tidak maka yang anda rasakan hanyalah sebuah ilusi yang berusaha menipu diri anda. Selama anda masih sadar bahwa anda hidup maka mustahil dan tidak masuk akal jika pilihan anda sudah habis! Tidak peduli berat atau ringan masalah yang sedang anda hadapi saat ini,yang jelas anda pasti punya pilihan yang harus anda putuskan mana yang akan anda ambil atau anda jalani!
Ok,sudah yakin dan setuju bahwa hidup kita ini adalah pilihan?
Jika ya maka marilah kita tinjau pilihan2 yang setiap saat kita hadapi ini.Pilihan yang kita hadapi ini punya peluang yang sama untuk dijalani dan pilihan2 tersebut akan menjadi mata rantai kehidupan kita yang saling menyambung hingga berujung pada 1 pilihan tadi(kematian).Sebelum sampai pada ujung itu maka kita sebenarnya bisa memilih mata rantai yang mana yang akan kita kaitkan dan itulah pilihan kita.Kita sebenarnya punya kebebasan untuk memilih sebelum menjalaninya,tapi sekali kita pilih dan telah kita jalani maka tidak bisa kita rubah lagi! Artinya masa depan bisa kita pilih dan masa lalu tidak bisa kita rubah! Jika anda ingin menjadi sukses maka memilih sejak awal untuk sukses akan memberikan peluang yang besar menjadi sukses!Kebanyakan orang2 yang gagal tidak menyadari bahwa pilihan untuk menjadi orang gagal sebenarnya sudah dia pilih jauh sebelumnya,hanya tidak dia sadari atau dia rasakan.Begitupun orang2 yang sukses juga jauh sebelum sukses dia raih sudah menentukan pilihan untuk sukses dan setiap langkahnya mengarah untuk sukses. Mungkin ada beberapa diantara mereka yang tidak mengalaminya,tiba2 saja sukses,inilah keberuntungan! Sayangnya kelompok si untung temannya Donald bebek ini sedikit sekali dan tidak bisa kita ikuti jejaknya.Jika anda penganut faham keberuntungan ya silahkan mencoba mengadu nasib,siapa tau anda beruntung;-). Tapi jika anda lebih percaya logika kenapa tidak dari sekarang saja anda mulai memilih untuk sukses? Dan jika selama ini tanpa anda sadari telah memilih untuk gagal maka sebaiknya mulai dari sekarang anda rubah pilihan anda sebelum terlambat! Ingatlah bahwa hidup adalah pilihan,jika kita tidak punya pilihan maka itu artinya hidup kita adalah sebuah kematian!
Jika anda 'benar2' memilih untuk sukses maka sukses 'benar' menjadi milik anda! Gunakan sebaik-baiknya lagika kita dalam menentukan pilihan.Pengalaman akan membantu logika kita melakukan tugasnya untuk menentukan pilihan yang terbaik dalam hidup ini.
Selamat memilih!

0 komentar: